By | February 6, 2018

Mengapa bisnis online? Itu adalah pertanyaan mendasar kepada sahabat semua yang ingin menjalankan bisnis secara online. Yess, dengan perubahan teknologi, dimana saat ini atau sekarang ini kita semua bisa dengan mudah mengakses internet, maka bisnis atau usaha pun berubah mengikuti teknologi yang digunakan. Bisa kita lihat dan perhatikan bahwa saat ini pengguna internet di Indonesia sebesar 132 juta lebih dengan pengguna sosial media aktif sebesar 130 juta. Angka-angka ini adalah angka yang bisa kita gunakan sebagai strategi kita untuk dapat mengoptimalkan memasarkan produk kita atau jasa kita di Internet.

mengapa bisnis online - pengguna internet di indonesia

Dari data diatas, kita juga harus mempersiapkan mindset kita, dimana kita harus bisa berubah dalam arti siap menghadapi perubahan teknologi informasi yang sangat cepat. Kita coba ulas sedikit, bagaimana perkembangan dan perubahan yang ada di internet, mulai dari friendster yang sekarang sudah tidak ada, yahoo yang pada akhirnya dijual dan buanyak sekali perkembangan yang berkaitan dengan bisnis yang ada di internet. Saat ini di Indonesia, sedang berjamur bisnis-bisnis online misal Gojek, Tokopedia, BukaLapak dan buanyak lagi lainnya yang mungkin secara sehari-hari kita gunakan.

Namun, berikutnya kita harus menanyakan kepada diri kita, bagaimana posisi kita saat ini? Apakah hanya menjadi konsumen dari bisnis-bisnis yang ada di internet atau memanfaatkan internet untuk bisa memasarkan dan juga menjual produk kita di Internet. Kalau saya boleh membuat kategori, saya akan membahas bagaimana kita bisa memasarkan produk kita di dunia internet dari 5 bagian di bawah ini :

1 – Website
Yess, tentu sebagai pebisnis online yang terpercaya, maka kita WAJIB untuk memiliki website kita sendiri. Berdasarkan penelitian, seseorang yang memiliki website, tingkat kepercayaan pembeli semakin meningkat. Kegunaan website pun beraneka rupa, mulai dari pengenalan produk kita, penjelasan rinci dari website, hingga informasi resi yang bisa kita tampilkan di website kita. Jenis website pun juga ada beberapa, mulai dari website personal, website branding, website toko online, hingga website lokal, dimana semua berperan sama pentingnya untuk dapat memberikan informasi yang jelas dan detail.

2 – Sosial Media
Selain berfungsi untuk menumpahkan segala keluh kesah kita, atau untuk men-share aktifitas kita di sosial media, kita bisa memanfaatkan sosial media untuk memperkenalkan, menawarkan produk atau jasa kita di sosial media. Tentu ada teknik dimana kita bisa memasarkan produk kita di sosial media, tanpa harus mengganggu teman kita karena iklan yang terlalu vulgar.

3- Marketplace
Ini yang menjadi fenomenal saat ini di Indonesia, keberadaan beberapa marketplace seperti Tokopedia, Bukalapak dan lainnya membuat orang-orang semakin semangat untuk berbisnis online. Cukup dengan bermodal foto produk maka dengan mudahnya kita bisa menjual produk kita dengan mudah dan cepat.

4 – Email
Ini dia, teknik yang masih sangat berfungsi dengan baik, dimana dengan mengumpulkan list email, kita bisa mempromosikan produk kita secara privat kepada calon pembeli kita. Kita bisa menggunakan beberapa provider email marketing seperti mailchimp, kirim.email dari lainnya.

5 – Mobile Marketing
Nah, ini yang menjadi ujung tombak dari bisnis online untuk saat ini, khususnya di Indonesia. Customer Services yang memegang nomor kontak, untuk proses closing calon pelanggan, maka alat-alat seperti BBM, Whatsapp atau juga Telegram pastinya akan menjadi senjata pamungkas untuk dapat mengkonversikan pelanggan membeli produk kita.

Nah, sudah paham kan, mengapa bisnis online? Tentunya jika kita kerjakan dengan istiqomah dan terus improvement yang berkelanjutan, maka insyaaAllah kita akan mendapatkan hasil yang optimal di bisnis online kita.

Ini dia Video yang bisa sahabat simak dari kami :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *